Search On This Blog

Minggu, 25 Oktober 2009

Pokemon Competitive Battle : EVs dan IVs

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hahaha WAKAKAKAKAK , (emang ada yg lucu? ,gak ada , yaudah diem LU! ) gw abis ketawa ngakak nih , soalnya baru aja ada hal yang lucu , setelah Salat Jum'at kemaren liat nih :

Guru Agama (GA) : "weh , sini lo , beliin gw makanan enak tapi jangan yang berserat , , ato nggak aqua gelas juga boleh
(gw dikash uang 2.000 )
Gw : iya pak!
(Tiba-tiba temen gw ngedenger kata-kata itu , mungkin dipikiran dia, dia bakal di kasih TIP sama guru agama gw kali ye.... )
(dan Dengan seluruh jiwa raganya , dengan muka damai dan bahagia dan tangan membentang kesamping , dia berkata :)
Temen Gw ( TG) : IKUUUUTTT!
(yaudah gw pergi kekantin dan pergi ke stand makanan dan gw ngomong kayak begini :)
Gw : eh lu , tadi katanya mao beliin pak Zainuddin makanan , nih duitnya , disuruh pak Zainuddin beliin makanan yang harganya 2.000 , tapi jangan yang banyak serat
TG : yoi
(terusnya temen gw bercakap2 dengan penjual kantin itu)
TG : Mbak , disini ada makanan yang harganya 2 rebuan tapi gak berserat gak ?
Mbak-Mbak Kantin (MMK) : ada tuh , otak - otak !
TG : mbak , bukannya otak-otak harganya serebu ya?
Mbak : iya
TG : lah , kan saya minta yang harga 2 rebuan
Mbak : kan kalo beli 2 jadi 2 rebu kan?
TG : oh iya ye!

(akhirnya temen gw beli tuh 2 otak-otak yang dibawa dengan semangat , satu otak2 di genggamnya di tangan kiri dan satu lagi di tangan kanan , bawanya semangat bgt , udh kayak bawa obor OLIMPIADE! , dan ini ekspresi Guru Agama gw saat temen gw nge-beliin otak2 : )

GA : "SUNTULUYU!(sontoloyo) , bapak kan minta beliin makanan yang gak berserat , kok malah di beliin ginian ? MAKAN SENDIRI SANA!

(Akhirnya gw sama temen2 gw ketawa ngakak bareng2!)

AH , Cape nulis ginian tapi asik juga , yaudah setelah kita tahu STAB , serang PHYSICAL sama SPECIAL juga NATURE , kali ini kita akan membahasa EVs dan IVs

EVs adalah singkatan dari "Effort Value(s)" (Nilai Usaha ) , yaitu dimana setiap kali kita mengalahkan pokemon kita akan mendapatkan : contoh : 1EV attack , 1EV Defense , 1EV Speed , dll

EV sangat penting bagi pelatihan dalam pokemon (beneran!)

karena itu kita harus memberikan EXTRA JOSS pada pokemon kita (jangan dibaca)

Jadi masing2 pokemon mempunyai nilai EV tersendiri , contohnya , :
a. Electrike : 1 EV Speed
b. Octilerry : 1 Attack , 1 Special Attack , dll

Jadi BILA pokemon kita dinaekin Levelnya pake Rare Candy , Pokemon tersebut tdk akan mendapatka EV (biasanya pokemon yang pake Rare Candy stats2nya buruk2!)

Batas dari EV dalam suatu kategory stats adalah 255 dan maksimal adalah 510

Ini gunanya EV :

- Nambahin Stats pokemon dari biasa menjadi luar biasa
- Menambahkan Stats yang kurang
- Dll ,

Contohnya :

- Kali ini yang jadi bahan percobaan adalah :


















- Oke , ini nilai EV-nya Machop : "1 Attack "

- Jadi setiap kita mengalahkan satu machop kita akan mendapatkan "1 EV Attack" , jika ngalahin , dua Machop? 2 EV Attack , jika 3 ya 3 , 4 ya 4 , 5 ya 5 , dan seterusnya.........

- Dalam setiap EV 4 , akan menambahkan +1 Stats , tergantung ngalahin siapa

- Jadi kalo mao dapet +15 Stats Attack , ya kalahin 60 Machop ,

- Disarankan kalo mao EV Train , ngalahin pokemonnya yang berbeda-beda ,misalnya , lawan Electrike (dapet 1 EV Speed) 5 kali , ngalahin Machop (1EV Attack ) 5 kali , dan seterusnya , biar Stats nya bagus , dan tidak Signifikan dalam suatu Stats (contohnya :Alakazam yang di EV Train ,Stats "Special Attack"-nya doang)

- Kalo yang mao nambahin Stats yang kurang malah lebih bagus (Contohnya : Weavile yang di EV train "Special Attack" )

- Semua tergantung pada pembaca ...................

Okey , itu penjelasan singkat dari EV (kalo masih kurang jelas buka aja ke www.gamefaqs.com , terusnya cari Guide tentang EV sama IV train)

Sekarang Kita Beralih Ke IVs

IVs adalah singkatan dari "Individual Value(s)" (Nilai Individu) yang TIDAK bisa diketahui oleh siapapun ,termasuk Original Trainernya , di Generation 4 (Pokemon Diamond/Pearl , HeartGold/SoulSilver , Platinum ) IV tertanda pada sifat yang dimiliki pokemon , setiap IVs pokemon berbeda-beda , dan IVs juga menentukan "Power" dan "Type" dari serangan "Hidden Power" , Nih adalah Kategory IVs :

Dibawah ini adalah IV dari kategory Stats yang mempunyai nilai dari 27-31 IVs :

Stats "HP" :
- Often dozes off
- Loves to Eat
- Likes to Relax
- Likes to scatter things
- Often Naps

Stats "Attack" :
- Likes to thrash about
- Proud of its Power
- Hot Tempered
- Quick tempered
- A little Quick Tempered

Stats "Defense" :
- Capable of taking hits
- Sturdy Body
- Good perseverance
- Good endurance
- Highly persistent

Stats "Special Attack" :
- Mischeivous
- Highly Curious
- Very Finicky
- Often lost in thought
- Thoroughly cunning

Stats "Special Defense" :
- Somewhat Vain
- Strong Willed
- Somewhat Stubborn
- Hates to lose
- Strongly Defiant

Stats "Speed" :
- Alert to sounds
- Likes to run
- Quick to flee
- Somewhat of a clown
- Impetuous and silly


Bagi Pokemon yang mempunyai Salah satu dari sifat tersebut , contohnya : Manectric , yang punya IVs = "Like To Thrash About " , mungkin Stats "Attack"-nya gak bakal jelek2 bgt.

Nah , kayaknya singkat bgt ya? Maklum belum terlalu handal buat beginian ...........
(kalo yang mao informasi lebih lanjut buka aja www.gamefaqs.com , cari deh disitu tentang EV dan IV )

Okey , mungkin setelah melihat posting ini , kamu akan bisa membuat Team Yang Hebat ,
Tapi masih ada lagi yang belom kita bahas , dalam PCB (Pokemon Competitive Battle) , tetep stay tune di blog gw ya!

Okey kayaknya begini aja , doa'in gw UTS dapet nilai tinggi ya! ,

Tetap Berjaya Blog Gw!

Wassalamualaikum Wr. Wb

1 komentar:

  1. gan, jynx ane "quick tempered" tapi kok Attacknya knpa lemah yah? beda jauh sama sp. attacknya, udah gitu EV klo up level "attack" kadang gak naek cma nambah "0" :|

    BalasHapus